Catalong #4: Jangan Membangun Bisnis Karena Ingin Bebas, Tapi Karena Kamu Ingin Menjalankan Sebuah Bisnis

Ketika sedang bermain-main dengan jemari, mengarahkan mouse komputer ke tab twitter, kemudian scroll kebawah, saya menemukan retweet dari penulis buku atau blogger yang mungkin belum saya begitu tau bagaiaman sepak terjangnya. Saya memfollow twitternya karena saya pikir saya akan mendapatkan update terbaru seputaran blognya.

Saya tertarik dengan isi blognya.

Ketika saya membuka link yang di-retweet terjada diarahkan ke sebuah artikel Medium.com miliknya sendiri, Jeff Goins. Saya melihat beberapa tulisannya dan mendapatkan satu artikel yang sedikit minat saya, I Once Talked To Seth Godin On The Phone: Here’s How It Changed My Life and Business.

Artikel yang sangat menarik tentang bagaimana seorang Jeff Goins strugle dengan bisnisnya, hingga meminta saran ke beberapa temannya.

Satu hal yang saya benar-benar suka dari kata teman Jeff ini adalah Don’t build a business because you want freedom. Build a business because you want to run a business“, Seth Godin. Seorang penulis buku juga.

Jangan membangun bisnis karena kamu ingin ke bebasan, tapi bangunlah bisnis karena kamu ingin menjalannya sebuah bisnis. Ini benar.

Kalimat tersebut membuat saya sadar, selama ini saya membangun sebuah bisnis karena saya ingin kebebasan di kemudian hari. Bebas melakukan apapun yang saya mau, tapi bisnis saya tetap jalan. Uang ngalir terus. Ini salah. Semua kebebasan itu, hanyalah bonus.

Keinginan akan kebebasan membuat saya kadang stuck dengan bisnis itu sendiri. Selama, bertahun-tahun membangun bisnis, tapi kenapa tidak pernah merasakan kebebasan?

Angan-angan akan kebebasan itu lama-kelamaan semakin menjauh, seiring dengan berjalannya waktu. Semakin hari akan semakin tertekan karena kebebasan itu tidak kunjung datang juga.

Bagaimana kalau kita rubah cara pikir kita, kita berbinis memang karena kita ingin menjalankan bisnis, mencoba sesuatu yang baru yang belum pernah kita lakukan. Belajar menerima tantangan dan resiko yang datang. Mungkin itu terdengar lebih asik.

Dalam berbisnis, banyak hal yang harus kita lakukan. Banyak waktu, uang, tenaga yang akan dikeluarkan. Begitu banyak hal yang harus kamu pelajari, riset ini itu, coba ini itu, gagal, cari cara lainnya lagi.

Benar-benar kompleks. Jika serius, akan banyak hal yang akan kamu dapat dari menjalankan sebuah bisnis.

Mari kita tembuskan angka 1% untuk jumlah Entrepreneur di Indonesia.

Keep on fire.

 

Co-Founder & Product Creator at Pilar Kreatif Studio | Writer & Editorial at Pindexain Blog | Twitter @widyanaWebId

Related Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *