Catalog #1: Mengembangkan High Quality Product Dengan Small Team

Catalog a.k.a Catatan Blogger merupakan sebuah channel yang saya gunakan untuk menandai post terbaru saya yang berisi tentang kehidupan sehari-hari saya, termasuk hal-hal yang sedang saya pikirkan untuk diungkapkan dalam bentuk tulisan.


Dalam beberapa bulan terakhir ini saya disibukan dengan sebuah projek. Projek yang mungkin menerbangkan perusahaan yang saya bangun bersama partner saya terbang lebih jauh, melampui kompetitor lain.

Entah, apakah ini akan membuat sayap-sayap kami mulai terbakar atsmorfer atau mesin kami mulai membeku karena suhu yang terlalu dingin diatas sana. Entahlah. Ini masalah persiapan.

Persiapan yang matang memang diperlukan untuk melintasi angkasa yang luas, tanpa persiapan, roket akan terjatuh sebelum melewati atmosfer.

Dua bulan sudah berlalu, apa yang kami kerjakan baru mencapai 70%, banyak hal yang harus kami siapkan yang membuat kami kadang kelelahan. Merasa kapan berakhirnya. Sistem kerja, Product Development, Time Blocking, banyak hal.

Hari ini saya akan bercerita disisi Product Development, karena saat ini saya sendiri bertanggung jawab menyelesaikan produk yang luar biasa ini.

Saya tidak menjadi single developer lagi, tapi saya dibantu oleh tim baru, yang awalnya kami tempatkan dibagian tim iklan, tapi karena dia menguasai pemrograman website, jadi saya merekrutnya masuk ke dalam tim Product Development.

Dia adalah lulusan magang dikantor kami. Habit dan skill yang dia miliki membuat kami tertarik untuk merekrutnya masuk kedalam tim inti kami.

Saya tidak bisa banyak berbicara tentang apa yang sedang kami buat. Tapi, saya akan bercerita tentang bagaimana suka-duka yang kami lewati. Meski produk belum selesai 100%.

Ini adalah bagian dari Entrepreneur Life. Berkembang atau Mati. Sebagai Entrepreneur, pilihannya tentu Berkembang. Bergerak naik, bukan turun, meski rasanya berat.

Keindahan akan selalu kita lihat ketika berada diatas langit, cakrawala yang menampakan cahaya keemasannya disetiap senja akan terlihat sangat indah dibarengi dengan pemandangan daratan beserta hiruk-pikuk perkotaan. Mungkin itu sebabnya Drone laku keras. Orang-orang sekarang, lebih suka melihat pemandangan daratan dari atas.

Hampir 10 jam duduk didepan komputer, memecahkan setiap masalah yang muncul ketika kesalahan pengetikan huruf ataupun logika yang salah, itu sudah menjadi makanan setiap hari.

Saya sendiri sebagai penanggung jawab, tentu tidur akan merasa kurang enak. Ditambah deadline kami yang tidak pernah  kelar. Bukan karena kami lambat mengerjakannya, tapi karena ada bug yang harus diperbaiki. Terus dan terus.

Banyak fitur yang dibuat, meeting demi meeting kami lakukan. Seminggu. Waktu yang kurang buat kami membahas fitur apa saja yang akan dibuat. Untuk setiap market atau calon customer yang berbeda.

Ratusan bug yang harus kami perbaiki, ribuan baris code yang harus kami tulis, membuat kami sadar, kami berkembang.

Banyak sistem manajemen projek yang kami coba gunakan untuk mempermudah pengerjaan. Mempermudah komunikasi ketika ada fitur atau bug yang harus diselesaikan. Hingga akhirnya kami mendapatkan satu teknik yang mudah, tentunya tidak sempurna.

Tim inti ada 4 orang, 1 orang sudah resign karena ada hal lainnya. Tapi, beruntung, kami dibantu oleh 10 anak magang yang keluar masuk dari bulan-bulan kamarin. Jadi, beberapa kerjaan kami jadi lebih ringan. Terutama dalam Testing fitur baru dan pencarian bug.

10 orang Tester melawan 2 Developer. Tamatlah.

Tapi dari semua itu, saya sadar, jika ingin menjadi besar, maka berinovasi, memperbaiki diri dan berkembang, merubah hal yang salah dan mengembangkan bagian yang terbaik itu wajib dilakukan sebagai perusahaan.

Kami membangun High Quality Product untuk menjadi besar. Yang awalnya cuma 4 orang tim akan menjadi lebih banyak orang lagi didalamnya. Tentu, profit yang tidak kecil juga.

Tunggu berita terbaru tentang produk yang sedang kami kerjakan ini. Saya akan menceritakannya pada post lainnya.

Semoga menginspirasi.

Co-Founder & Product Creator at Pilar Kreatif Studio | Writer & Editorial at Pindexain Blog | Twitter @widyanaWebId

Related Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *