Catalog #2 : Ngoding Setiap Hari, Apa Yang Dapat Saya Pelajari?

Ini bukan dari sebuah tantangan yang sedang saya jalani untuk meningkatkan produktivitas, tapi ini bagian dari dikejar-kejar deadline.

Apa yang saya kerjakan saat ini akan menjadi masa depan perusahaan yang sedang saya bangun. Hidup kami para founder dan dua tim lainnya juga bergantung pada keberhasilan project  ini.

Karena alasan tersebut saya sendiri harus membuat diri saya tetap ngoding setiap hari tanpa henti. Bahkan dihari libur. Ada waktu lenggang, perbaiki bug atau buat fitur yang sudah disepakati diawal.

Apa yang dapat saya pelajari dari ngoding tiap hari?

Banyak Belajar Tentang Website Development

Dengan mengerjakan sesuatu secara terus menerus, tentu banyak pelajaran yang bisa kita ambil. Dari sisi development websitenya, saya jadi banyak belajar bahasa-bahasa pemrograman yang diperlukan untuk membangun sebuah website.

Pengalaman ini tidak saya dapatkan dari mngerjakan projek saat ini saja (projek yang saya ceritakan pada Catalog #1). Tapi, dari pengalaman bertahun-tahun saya di dunia web design dan development, bisa baca cerita bagaimana saya belajar membuat website selama 8 tahun.

Pertama saya hanya paham tentang HTML, CSS saja, sekarang saya lebih tahu tentang bahasa programan PHP dan pengaplikasiannya, bahkan mau tidak mau saya juga harus mempelajari bagaimana kerja javascript untuk website karena beberapa website yang saya buat benar-benar membutuhkan javascript untuk menjalankannya.

Belajar Kerja Cepat

Semakin cepat pekerjaan yang diselesaikan semakin banyak uang yang akan dihasilkan. Mungkin kalimat tersebut cocok dijadikan acuan untuk bekerja cepat.

Sebelum saya membangun perusahaan saya sendiri, saya pernah bekerja dengan salah satu dosen saya. Saya dituntut membangun website dengan layout dan sistem yang perfect dengan waktu yang pendek. Website yang dibuat dalam waktu 1 – 2 bulan, saya kerjakan cuma dalam 2 minggu.

Memang menggunakan WordPress sih, tapi saat itu saya belum begitu paham sistem template atau cara pembuatan theme worpress. Dari tuntutan tersebut saya jadi bisa membuat website dengan cepat.

Tapi, kemampuan tersebut sempat menurun karena saya tidak pernah lagi mendapatkan projek yang memerlukan waktu singkat untuk diselesaikan.

Kali ini, projek yang mempunyai kompleksitas yang tinggi dan menjadi tumpuan perusahaan atau produk utama, membuat saya harus bekerja ekstra keras dan cepat. Semakin cepat saya selesaikan, tim tester akan semakin cepat mendapatkan bug yang harus diperbaiki.

Semakin cepat juga perusahaan kembali menerima orderan. Untuk info, karena semua tim sedang fokus membangun produk, jadi kami menutup layanan untuk penerimaan orderan/klien baru.

Belajar Manajemen Projek dan Tim

Mungkin untuk manajemen projek untuk diri sendiri, sudah pernah saya lakukan, meski tidak sempurna. Tapi, untuk manajemen tim menjadi hal baru bagi saya.

biasanya hanya bekerja sendiri sebagai single fighter, sekarang saya harus mendelegasikan pekerjaan kepada tim baru. Biasanya ngoding sendiri, sekarang ada temennya untuk berbagi. Berbagi kesusahaan.

Tentu dalam manajemen projek pun sistem dan cara kerjanya juga harus dirubah. Biasanya digunakan untuk sendiri, sekarang digunakan untuk lebih dari satu orang atau berbanyak.

Begitulah hal-hal yang bisa saya pelajari dari ngoding setiap hari dalam beberapa bulan terakhir ini.

Pada hari berikutnya, saya akan coba menantang diri saya untuk menulis artikel setiap hari, apapun, cuma menulis saja, bukan mempublish artikel setiap hari.

Co-Founder & Product Creator at Pilar Kreatif Studio | Writer & Editorial at Pindexain Blog | Twitter @widyanaWebId

Related Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *