Nikmati Prosesnya, Biarkan Hasilnya Mengikuti

Dalam melakukan perkerjaan apapun semua orang pasti akan menginginkan hasil yang baik. Tidak ada yang ingin hasil yang buruk, termasuk saya juga. Siapa sih yang mau gagal. Siapa sih yang mau kecewa dengan hasil yang tidak sesuai keinginan. Kamu mau? Yakin? Saya sih, tidak.

Tapi, dalam setiap hasil yang kita dapatkan semuanya pasti akan ada proses. Nah, proses itulah yang jangan pernah kita abaikan. Karena kita tertuju pada hasil, kita sampai melupakan proses yang akan membuat kita bertumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu.

Dalam mengerjakan tugas kuliah misalnya. Ini merupakan tugas kelompok, tapi saya dan teman-teman mengerjakannya begadang sampai subuh dengan hasil tidak sebaik yang kita harapkan. Jika kita ingin yang terbaik, kita bisa bisa bayar orang yang berpengalaman buatnya. Tinggal modifikasi sedikit, beres dah. Waktu dan tenaga tidak terbuang, cuma merogoh kocek sedikit, dari pada begadang terus, lagian tidak ada yang tahu juga. Apa yang akan kita dapatkan dengan melakukan hal ini? Ya, kita mendapatkan pujian hasil yang bagus, nilai yang bagus. Tapi, apa yang akan kita dapatkan untuk masa depan kita? Tidak ada. Kita kehilangan kesempatan untuk mengasah kemampuan. Hal ini juga akan mendoktrin otak kita, segalanya bisa dibeli dengan uang. Pokoknya gampang, tidak perlu usaha keras. Tanpa usaha yang keras, kita tidak akan bisa bertumbuh dan berkembang. Buat apalah mendapatkan nilai yang bagus, dapat pujian yang banyak, tapi kamu tidak pernah tahu apa yang sedang kamu buat. Buat apa kuliah kalo skill masih nol, ya gak?

Tidak hanya pada tugas kuliah saja, tapi hal ini saya rasakan dalam kehidupan di studio saya. Setelah meluncurkan produk kami banyak sekali mendapatkan masalah. Masalah yang datang ini awalnya membuat saya dan tim┬ápesimis┬átidak akan mencapai target sesuai dengan apa yang sudah kami rencanakan dan harapkan. Meski begitu, ini tidak membuat kami mengabaikan proses yang sudah kami jalankan. Secara tidak kami sadari kenyataan target kami tercapai melebihi bayangan kami. Dengan tercapainya target ini, tidak membuat kami lupa akan proses yang sudah kami jalani. Karena kami yakin proses ini akan membuat kami semakin matang untuk kedepannya dan semakin berkembang lebih baik dari sebelumnya. “Yeah, prosesnya seru juga ya”, celetuk salah satu teman saya. Ya, proses ini memang seru. Kita merasa jenuh, tertawa, marah, berdebat, lembur hingga malam, hal ini yang membuat tim kami semakin solid. Tidak ada yang lebih baik menikmati proses yang sedang kita alami daripada mengeluhkan akan hasil yang tidak sesuai dengan harapan. Toh, jika sudah tercapai kita tetap akan bekerja keras lagi agar bisa mempertahankan hasilnya. Jika kita mengeluhkan prosesnya atau tidak menikmatinya, maka kita akan tetap disitu-situ saja, tidak bisa belajar dari apa yang sudah terjadi. Karena setiap proses yang kita jalani pasti akan memberikan sebuah pengalaman baru yang tidak bisa kita dapatkan dari tempat lain.

Jadi, mari kita nikmati setiap proses apapun yang sedang kita jalani. Biarkan hasilnya mengikuti. Tapi, ini bukan berarti kita tidak boleh berencana atau mengharapkan hasil yang baik ya. Apa yang saya tulis diatas hanya untuk mengajak ayo kita nikmati prosesnya. Tidak ada gunanya kan mengeluh, lebih baik kita pikirkan solusi jika ada permasalahan atau cari cara agar hasil yang kita inginkan tercapai, cuma jangan pernah mengabaikan proses yang sudah dijalani saja.

Apa yang saya tulis ini hanya sekedar opini saya sendiri, tidak untuk menggurui. Jika teman-teman terinspirasi saya akan senang sekali, tapi jika tidak mohoon maaf. Ini adalah artikel baru yang saya tulis setelah 3 kali bolong tidak membuat artikel baru. Maafkan.

Jika teman-teman ada opini yang lain, silahkan tuliskan pada kolom komentar.

Menjadi part time student itu menyenangkan, terlebih lagi menjadi full time blogger. @berbagiyuks @wyapaka @widyanaWebId

Related Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *